15 Mei 2011

Perencanaan Pembangunan Karakter Bangsa ... bingung neh ....

Tugas untuk membangun fasilitas pembangunan karakter bikin aku browsing kemana-mana mencari sumber literatur bagaimana bentuk nyata proses pembangunan karakter. Ternyata engga mudah, alias engga ada contoh ... maklum, sarjana instant khas Indonesia yang engga bisa kerja kalo ga ada contoh!

Hampir semua tulisan tentang pembangunan karakter yang aku temukan hanya berkisar tentang definisi, tak menyinggung yang ngomong soal implementasi secara nyata. Jadilah aku kebingungan sendiri. Di sisi lain, aku sudah terlanjur memberikan konsep proposal pengembangan Youth Center Jogja sebagai kawasan pengembangan karakter pemuda, kepada Bapeda DIY. Di dalam proposal itu aku menuliskan proses pengembangan karakter hasil pemikiranku sendiri yang dibikin secara sedikit terburu-buru karna mengejar tenggat waktu.

Berdasarkan pengamatan sekilas tentang proses pembobrokan karakter bangsa, di dalam proposal aku menulis:

......
Pembangunan karakter bukanlah proses pendidikan dalam kelas, melainkan proses tumbuhnya kesadaran yang dibangun dalam interaksi antar individu. Oleh karena itu, metode pengembangan karakter ini menggunakan filosofi pembangunan dari pemerintahan Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu Hamangku, Hamengku dan Hamengkoni. Hamangku adalah proses yang ditujukan agar generasi muda dapat menampung segala masukan dan perbedaan (open minded). Hamengku adalah proses untuk melatih generasi muda untuk dapat menemukan unsur-unsur penyatuan dari elemen-elemen yang berbeda (creativity), dan Hamengkoni adalah proses pelatihan untuk dapat menemukan nilai tambah dari sinergi elemen-elemen yang berbeda (inovation).

Penciptaan Proses Hamangku
Pada saat ini, BPO telah memulai menciptakan proses Hamangku di lingkungan Youth Center melalui kerja sama dengan Forum Paseban Budaya Nusantara (FPBN). FPBN dalam kerja sama ini mendapatkan fasilitas kantor sekretariat bersama di Youth Center Yogyakarta untuk mewadahi para putra daerah yang kini berada di Yogyakarta.
Dengan hadirnya para putra daerah maka akan tercipta suasana perbedaan sehingga dapat memberikan pengalaman tentang perbedaan kepada setiap pemuda yang datang ke Youth Center. Pengalaman ini akan menjadi dasar penting bagi tumbuhnya sikap menerima perbedaan dimana sikap ini tidak bisa diajarkan sebagaimana pelajaran di sekolah melainkan harus diresapi melalui pengalaman langsung. Dengan memiliki dasar-dasar untuk menerima perbedaan maka akan mudah menumbuhkan cara pikir yang terbuka (open minded) untuk menuju Hamengku dan Hamengkoni.

Kawasan Penciptaan Proses Hamengku
Proses Hamengku merupakan proses aktualisasi dan komunikasi agar sesama pemuda dapat menunjukkan karaker pribadi dan keahlian masing-masing. Untuk mendukung proses aktualisasi dan interaksi ini maka diperlukan sarana kegiatan diluar ruangan seperti track sepeda, lapangan olahraga permainan, dan sejenisnya.

Kawasan Penciptaan Proses Hamengkoni
Merupakan proses pembentukan karakter masing-masing individu seperti kemampuan mengendalikan atau melawan rasa takut, mengungkapkan hasil pemikiran dan sejenisnya. Untuk mendukung terwujudnya proses ini maka perlu sarana penunjang seperti flying fox, sarana pentas, teknologi multi media dan sejenisnya.
.............

Aku engga yakin apakah proses pembentukan karakter di atas dapat bekerja ato engga, makanya malam ini aku browsing kian kemari mencari jawabanya. Tapi sayangnya engga nemu juga ... payah!

Ya sudahlah, berdo’a aja mudah-mudahan Tuhan kasih inspirasi, mudah-mudahan pula aku bisa ikhlas, karna aku mlakukan semua ini tanpa terima slip gaji ato dijanjikan dapet duit banyak, tapi demi Indonesia yang lebih baik bagi anak perempuanku. Kalo aku bisa bener-bener ikhlas, aku yakin inspirasi dari Tuhan bakal tok cer!

BTW, salah satu petunjuk implementasi pembangunan karaker yang paling mendekati proses nyata diberikan oleh seorang profesor, dia menulis begini:

.........
Pada tahap implementasi dikembangkan pengalaman belajar (learning experiences) dan proses pembelajaran yang bermuara pada pembentukan karakter dalam diri individu peserta didik. Proses ini dilaksanakan melalui proses pembudayaan dan pemberdayaan sebagaimana digariskan sebagai salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional. Proses ini berlangsung dalam tiga pilar pendidikan yakni dalam satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. Dalam masing-masing pilar pendidikan akan ada dua jenis pengalaman belajar (learning experiences) yang dibangun melalui dua pendekatan yakni intervensi dan habituasi. Dalam intervensi dikembangkan suasana interaksi belajar dan pembelajaran yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan pembentulkan karakter dengan menerapkan kegiatan yang terstruktur (structured learning experiences). Agar proses pembelajaran tersebut berhasilguna peran guru sebagai sosok anutan (role model) sangat penting dan menentukan. Sementara itu dalam habituasi diciptakan situasi dan kondisi (persistent-life situation), dan penguatan (reinforcement) yang memungkinkan peserta didik pada satuan pendidikannya, di rumahnya, di lingkungan masyarakatnya membiasakan diri berprilaku sesuai nilai dan menjadi karakter yang telah diinternalisasi dan dipersonalisai dari dan melalui proses intervensi. Proses pembudayaan dan pemberdayaan yang mencakup pemberian contoh, pembelajaran, pembiasaan, dan penguatan harus dikembangkan secara sistemik, holistik, dan dinamis.
........

Aku ternyata terlalu bodoh untuk bisa menyerap paragraf di atas dan mewujudkannya menjadi rencana riil. Jadi, ada pembaca Blog Titen yang mau bantu menjelaskan paragraf di atas dengan bahasa yang lebih sederhana? Please .......

1 komentar:

pasebanbudayanusantara mengatakan...

Iformasi: dalam jangka pendek Forum PBN merencanakan aktivitas riil, al: 1. Pertandingan sepak bola persahabatan 33 propinsi di lokasi kab/kota yang diselingin dengan penampilan budaya lokal, 2. tendenisasi berupa cafe 33 propinsi yang akan digekar setiap sabtu. Dalam jangka panjang info dapt dilihat di pasebanbudayanusantara.blogspot.com.
Monggo kita bersinergi untuk hal yang lebih riil

Ada kesalahan di dalam gadget ini