24 Oktober 2010

Pelajaran dari Para Raja Pendahulu



Menyaksikan kijang-kijang di sebuah Rumah Dinas Bupati membuat aku sadar bahwa sesungguhnya para raja jaman dahulu memiliki kebiasaan memelihara berbagai hewan adalah untuk membaca tanda-tanda alam. Hewan-hewan akan mendadak berisik atau justru mendadak terdiam ketika suatu bencana mengancam.

Para pawang yang memelihara hewan-hewan kesayangan raja, akan segera memberitahukan pada raja  jika heran-hewan menyampaikan pesan dari alam. Sehingga raja bisa mengetahui apa yang akan terjadi pada rakyatnya. Inilah sebuah bagian kecil dari ilmu yang dimiliki oleh para raja, yakni ilmu weruh sak durunge winarah (mengetahui sebelum peristiwa terjadi). Namun, tidak semua raja memiliki kemampuan untuk membaca alam, terlebih jika raja sudah mulai terusik oleh berbagai ancaman pemberontakan.  Jiwanya tidak lagi tenang dan penilaiannya tidak lagi objektif.

Ilmu kepemimpinan jaman doeloe ini mungkin sudah jarang ditemukan dalam era demokrasi saat ini. Bahkan mungkin sudah hilang. Sebab kepemimpinan saat ini hanya ditentukan oleh mayoritas suara terbanyak tanpa mempedulikan kualitas intelektual dan spiritual calon pemimpin.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini