04 September 2010

Artificial Intelligence: Akankah Mengalahkan Sel Kelabu di Kepala Kita?

Dalam film Echelon Conspiracy, dikisahkan bahwa computer memiliki kemampuan untuk memahami kata-kata abstrak seperti “Freedom”, “National Security”, ‘Democracy” dan sejenisnya. Program computer yang bernama “Echelon” ini dapat menyerap informasi baru dan bahkan meng-upgrade dirinya sendiri. Aku membayangkan jika computer memiliki kemampuan ini, maka komputer akan menjadi spesies baru yang membuat spesies manusia musnah dari muka bumi.

Film ini juga mengingatkan aku saat memainkan game strategy “ROME: TOTAL WAR”. Sepertinya, computer dengan mudah menebak strategi yang akan aku mainkan. Contohnya, ketika kau mencoba mengumpulkan pasukan infantry dalam kelopok-kelompok kecil untuk menjadi satu pasukan besar, computer segera membentuk pasukan kalvaleri gerak cepat dan memburu pasukan-pasukan kecil infantriku.

Berkali-kali system Artificial Intelligence pada game “ROME: TOTAL WAR” membuatku kelabakan. Tapi untunglah aku bisa memenangkan game ini dengan sukses besar, yang berarti otak di dalam kepala ini masih belum bisa dikalahkan oleh computer dalam urusan strategy. 

Faktor penentu kemenanganku dalam game “ROME: TOTAL WAR” adalah keterbatasan opsi yang dimiliki oleh computer dalam menyusun strategy guna melawan strategiku. Komputer akan mengkalkulasi kemungkinan menang dan kalah dalam setiap pertempuran. Komputer juga “jujur” dan “lebih manusiawi” karena computer tidak akan membuat pasukan yang lemah untuk dijadikan umpan. Sedangkan aku sering mengirim pasukan-pasukan lemah sekedar untuk mengacaukan system pertahanan computer. Pasukan lemah ini akan dibantai tanpa ampun. Dan ketika pasukan computer sibuk membantai pasukan lemah yang aku kirim, aku datangkan pasukan yang jauh lebih kuat.

Bagemana klo computer memiliki jumlah opsi yang sama seperti manusia? Mungkin “logika Jurassic Park” ada benarnya:

Tuhan menciptakan dinosaurus dan Tuhan membuang manusia dari surga
Dinosaurus membunuh manusia maka Tuhan membunuh dinosaurus

Manusia menciptakan computer dan manusia membuang Tuhan dari ingatannya
Manusia membunuh Tuhan maka komputer membunuh manusia.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini