21 Juli 2010

Asam Sulfat Penyebab Melelehnya Fuel Pump?

Berita tentang banyaknya mobil yang mogok secara serentak akibat Fuel Pump yang meleleh benar-banar menarik perhatian. Engga Cuma menarik perhatian, tapi juga membuat aku merenung. Maklum, ini kasus mesin dan aku sendiri seorang mechanical engineer, sih.

Renungannya sederhana, begini:

Fakta: Fuel Pump meleleh dan terjadi endapan.
Ini kemungkinan karena terjadi reaksi antara bahan bakar dengan komponen fuel pump, sejenis reaksi oksidasi atau korosi.

Pertanyaan: Apa yang menjadi penyebab reaksi oksidasi?
Karena bahan bakar mengandung sulfur, maka akan mudah menjadi asam sulfat (H2SO4) jika ‘kawin’ dengan air.  Asam sulfat inilah yang bikin komponen fuel pump meleleh.

Pertanyaan: Bagemana Asam Sulfat bisa hadir dalam bahan bakar?
Akhir-akhir ini Indonesia dilanda hobby banjir, kemungkinan tanki-tangki SPBU kemasukan air dan bereaksi dengan bahan bakar premium. Bisa juga tangki-tangki mobilnya yang kemasukan air. Trus,uap airnya bereaksi dengan kandungan sulphur menjadi Asam Sulfat (H2SO4). Sehingga terjadilah Acid induced stress corrosion cracking alias SCC (sebuah istilah yang aku temukan saat menyelidiki korosi suhu tinggi pada Turbin Gas akibat kandungan vanadium dalam BBM)

Jadi solusinya: Check tangki penampung SPBU, tangki-tangki pertamina dan mobil-mobil yang mogok.

BTW, menurut pemantauan OCC (Situasion Room) Bina Graha gimana neh? Apakah kasus fuel pump ini hanya terjadi di daerah langganan banjir? Jika jawabannya "ya", maka pemeriksaan kandungan air perlu dilakukan ....

Update:

Hasil penelitian lab dari Thailand menyebutkan bahwa premiun Indonesia memiliki kandungan sulfur yang terlalu tinggi. Jika penelitian ini benar, maka kita engga cuma terancam rusak fuel pump massal, tapi juga ada ancaman hujan asam.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini