18 Mei 2010

Penyelidikan Pajak Pertambangan: Terima Kasih Mbok Dhe Sri Mulyani ...

Laporan Menteri Keuangan, Mbok Dhe Sri Mulyani, tentang penurunan penerimaan pajak dari pertambangan di awal 2010 kemudian diikuti dengan permintaan penyelidikan menyeluruh, patut diacungi jempol. Dikatakan bahwa penyelidikan akan melibatkan Pemerintah daerah, Kepolisian dan berbagai pihak yang terkait. Inilah langkah integratif yang selama ini diimpikan oleh Blog Titen.

Penyelidikan integratif seperti di atas akan menghasilkan kesimpulan yang jauh lebih meyakinkan daripada kesimpulan yang menjadi dasar bailout Bank Century, sekaligus dapat merupakan kegiatan perintis untuk menghilangkan kebiasaaan buruk pemerintah yang sering menyelesaikan masalah secara ad hoc bin parsial alias setengah-setengah atau solusi politis yang tidak profesional. Dan yang paling utama adalah bahwa mekanisme integratif ini membuka peluang menuju pemahaman ala Quantum, dan bukan lagi pemahaman ala Fisika Newtonian yang harus selalu dikasih embel-embel "asumsi" dan "pembatasan masalah".

Terima kasih, Mbok Dhe Sri dan selamat menjalankan tugas baru di World Bank. Kalo boleh berpesan, mohon mengedepankan penyelidikan integratif dalam memberikan pinjaman kepada negara miskin agar pinjaman World Bank tidak menjadi "jebakan" yang merusak struktur sosio-ekonomi negara yang bersangkutan. Terima kasih.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini