20 Mei 2010

IMF Mulai Nggombal Lagi Kah?

 Membaca berita di Kompas.com yang berjudul "Giliran IMF Puji Ekonomi Indonesia", ada tiga dugaan yang muncul di dalam benak. Pertama, pujian dikemukakan oleh orang IMF yang engga kenal dengan kondisi sosio-ekonomi Indonesia. Kedua, orang IMF yang emang goblog. Ketiga, IMF mencoba membuat Indonesia masuk ke dalam "jebakannya".

Setelah membaca lengkap beritanya, dugaan kedua tidak terbukti. Ternyata analisisnya udah benar. Nah yang tersisa tinggal dugaan pertama dan ketiga.

Pujian itu diberikan karena, pertama, situasi ekonomi makro Indonesia yang sangat baik. Hal ini sebenernya juga engga tepat-tepat amat. Ekonomi makro kawasan Asia Timur memiliki benteng yang sangat kuat, yaitu China. China memiliki kemampuan adaptasi dan inovasi yang tegas untuk mempertahankan situasi makro yang berpengaruh di Asia Timur.Ini pula yang membuat rontoknya ekonomi Yunani cs engga parah-parah amat di Indonesia.

Kedua, pasar domestik Indonesia juga besar karena tingkat populasi yang tinggi membuat Indonesia menjadi pasar potensial bagi industri dalam negeri. Nah di sini ketahuan kalo IMF engga tahu bahwa industri lokal kita banyak yang kalah berebut pasar domestik dengan Made in China. Belum lagi banyaknya potensi ekonomi lokal yang rusak akibat kebakaran dan bencana alam. Mudah-mudahan OCC Bina Graha bisa segera dioperasikan untuk memperkirakan kemelut pasar domestik ini.

Ketiga, prospek investasi di Indonesia juga menunjukkan tanda perbaikan yang cukup signifikan dan terus meningkat dengan foreign direct investment (FDI) sudah mencapai 75 miliar dollar AS. Nah, pemujaan terhadap dana asing macam ini perlu diwaspadai, kecuali kalo IMF bisa menjamin 100% tidak akan ada pelarian modal di masa mendatang dan pemerintah kita terbukti mampu mengoptimalkan dana asing.

Nah, apa dugaan Anda?

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini