04 April 2010

Film: The Divine Fate of Liberalism



Ternyata aku memiliki sejarah panjang juga dalam minat terhadap perfilman.

Berawal dari penggunaan informasi visual berupa gambar-gambar teknik saat studi di Teknik Mesin, aku mulai senang dengan berbgai usaha untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan bahasa visual. Karena bahasa visual memiliki kesan yang lebih efektif daripada bahasa tulisan.

Setelah lulus dari Teknik Mesin, bekerja dalam bidang perencanaan. Ternyata penggunaan informasi visual makin penting untuk melaksanakan pekerjaan ini. Bayangkan aja, kita harus dapat mengkomunikasikan rencana pengembangan dengan para karyawan lain yang memiliki beragam latar belakang. Kalo cuma mengandalkan komukasi verbal, dijamin ada banyak perbedaan persepsi antar karyawan dalam menanggapai rencana pengembangan.

Setelah lepas dari perencanaan, aku bekerja di bagian marketing. Di bagian ini, informasi visual menjadi sangat penting. Produk harus bisa dikomunikasikan dengan publik yang ragam latar belakangnya jauh lebih variatif dibanding sekelompok karyawan perusahaan.

Sehingga, pada awalnya aku cuma belajar AutoCAD untuk membuat sistem komunikasi visual yang hanya dipahami oleh orang-orang berlatar belakang Teknik Mesin. Kemudian berkembang kepada animasi yang lebih atraktif menggunakan Flash Macromedia dan animasi 3 dimensi (Visual Nastran).

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini