12 Januari 2010

Integrasi Perencanaan: Gunung Es Permasalahan Bangsa?

Aku hanya bisa menghela nafas panjang ketika mendengar keluhan Dirut PLN bahwa menurut keterangan dari ESDM, PLN tidak mendapatkan pasokan gas untuk bahan bakar pembangkit listrik hingga 2015. Apakah tidak ada koordinasi perencanaan antara perusahaan minyak dengan perusahaan listrik sehingga terjadi hal konyol seperti ini?

Sejak masih kuliah aku sudah menduga bahwa ketiadaan perencanaan terintegrasi di negeri tercinta ini akan membuat reformasi lebih parah daripada Orde Baru. Kini, sepertinya dugaan itu tidak lagi sekedar dugaan melainkan sudah mulai menjalar menjadi indikasi.

Pada saat UKM-UKM harus menghadapi FTA, mereka dihadapkan pula dengan krisis suplai energy listrik yang menggerakkan peralatan industri mereka. Padahal merekalah yang menjadi tulang punggung perekonomian di masa krisis. Ketika kita harus bersiap menghadapi serbuan produk murah China, justru penghitungan pertumbuhan ekonomi berbasis konsumsi dipuja mati-matian. Padahal serbuan produk China mengancam produksi lokal ... Dan yang paling parah adalah bahwa FTA sudah disepakati sejak 2002 namun sampai dengan pelaksanaan di 2010, tidak ada persiapan yang nyata!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini