07 Desember 2009

Studi Kasus Bank Century: Sistematika Dampak Sistemik

Pernyataan bahwa kebijakan BI yang manaikkan suku bunga sejak Mei 2008 dituding sebagai penyebab bank-bank kecil mengalami kesulitan, sudah banyak dimunculkan oleh pakar ekonomi. Seperti apakah proses kesulitan bank-bank kecil tersebut?

Begini, nasabah bank-bank kecil umumnya adalah "orang kecil" pula. Sehingga pada saat iklim investasi Indonesia sedang horny, orang-orang kecil inipun terangsang untuk berinvestasi. Tapi sayang suku bunga tinggi sehingga engga brani ambil resiko mengajukan kredit usaha. Lain halnya dengan bank-bank besar dengan nasabahnya juga 'orang besar' yang menganggap resiko kenaikan bunga bank engga seberapa.

Sehingga, bank-bank kecil kesulitan menyalurkan kreditnya agar seiring dengan bank-bank besar mencetak angka penyaluran kredit yang makin membengkak. Maka terjadilah ketimpangan seperti ungkapan "yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin". Bahkan penggelontoran kredit selama 2008, plus penggelontoran BLT, menambah jumlah peredaran rupiah. Tak ayal lagi jika perekonomian makin kisruh ditandai dengan nilai dollar yang mencapai 12.000 pada Oktober 2008.

Jadi engga heran kalo bank-bank kecil banyak yang mengalami kesulitan, termasuk Bank Century. Trus kesulitan bank-bank kecil yang terjadi secara sistemik ini menjadi latar belakang "Dampak Sistemik" bailout Century.

Mengkaji kebijakan BI dalam memutuskan tingkat suku bunga dalam kondisi tertentu adalah sebuah pelajaran yang sangat berharga. Jangan sampai kelak ada kebijakan yang bikin perusahaan besar makin besar, UKM tersandung kesulitan.

Satu hal yang mungkin sangat penting untuk kita perhatikan, bahwa teori-teori ekonomi yang kita pelajari disusun sebelum jaman internet, sehingga paremeter-parameternya udah jauh berbeda. Ada baiknya kita mulai mengkaji ulang teori ekonomi yang diajarkan di sekolah/kampus.

oooOOOOooo

Pita Penelusuran Studi Kasus Bank Century:
- Sistem Bantuan Salah Kaprah Menuju Kehancuran Hasil Pembangunan? (10/09/2009)
- Ternyata Lebih Parah dari Dugaanku (09/10/09)
- Bom Lebih Besar dapat Tercipta (27/10/09)
- Misteri Dampak Sistemik (27/11/09)
- Misteri Dampak Sistemik terpecahkan? (01/12/09)
- Kebijakan Ekonomi Makro: terjebakkah kita? (02/12/09)
- Teori Ekonomi: Alat ataukah Peraturan? (03/12/09)
- Perjalanan Penganganan Krisis Global haruslah Terintegrasi (03/12/09)
- Sistematika Dampak sistemik (07/12/09)

- Antara Kebijakan dan Pidana (09/12/09)
- Jadikanlah sebagai Kutukan Terakhir Pembangunan Indonesia (12/12/09)
- Pelajaran Struktur Dampak Sistemik: Polisi, Pemadam Kebakaran, .... (12/01/10)
- Studi Kasus Bank Century: Misteri Salah Kaprah Perencanaan ........ (13/01/10)
- Studi Kasus Century: Contoh Kegagalan Penempatan ........... (19/01/10)
-
Studi Kasus Bank Century: Pelajaran Moral sebuah Kebijakan (26/01/10)

hit counter
hit counters

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini