21 Desember 2009

Gaya Hidup Modern yang Tidak Sehat : Dilawan atau Diseimbangkan?

Awalnya cuma menggerakkan kedua lengan tangan untuk mengurangi rasa nyeri di punggung. Lama kelamaan, gerakan itu berkembang menjadi sebuah tarian. Dan seorang teman yang melihat gerakan tersebut mengira kalau aku sedang latihan seni bela diri.

Sewaktu punggungku terasa sangat nyeri dan tak kuasa berbaring, aku pun duduk dan mencoba merasakan kenyerian punggung. Tiba-tiba, sel-sel otot lengan seperti tertarik sehingga kedua tanganku mulai bergerak-gerak seperti orang menari. Beberapa saat setelah melakukan tarian, rasa nyeri dipungung sedikit berkurang sehingga aku pun bisa tidur. Keesokan harinya, nyeri punggung sama sekali hilang.

Engga Cuma rasa nyeri punggung, keluhan nyeri di perut juga bisa dihilangkan dengan cara yang sama. Mekanisme system penyembuhan macam apakah ini?

Setelah seorang teman berkomentar kalau mekanisme system penyebuhan itu seperti ilmu bela diri, maka aku pun mulai cari-cari info tentang ilmu bela diri. Setelah korek info dari sana-sini, diperoleh pemahaman tentang adanya ilmu bela diri yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip keseimbangan alam.

Prinsip keseimbangan alam ini sejalan dengan prinsip keseimbangan system mekanisme tubuh. Rasa nyeri pada punggung adalah bentuk tidak seimbangnya system dalam tubuhku, yang menyebabkan organ punggung harus menanggung rasa nyeri. Gerakan-gerakan mirip senam yang kulakukan sepertinya adalah untuk merangsang dikeluarkannya hormon penahan rasa sakit sekaligus merangsang organ-organ lain agar “meringankan beban” yang ditanggung oleh punggung.

Menelusur lebih jauh tentang system tubuh, bisa dipahami bahwa penyakit-penyakit modern, sejenis dibetes dan stroke, adalah disebabkan karena pola gaya hidup yang tidak diseimbangkan. Makanya, engga setiap orang yang gemar gula terkena penyakit diabetes. Orang-orang yang mampu menyeimbangkan tubuhnya dengan gula dapat menjalani hidup "manis" hingga jauh diusia senja.

Sayangnya, aku udah terlambat menyadari hal ini. Ginjalku sudah keburu sakit.Sekarang, setiap habis mempraktekkan gerakan-gerakan untuk penyembuhan ginjal, kerongkongan terasa amat haus dan tiga gelas air putih langsung masuk ke perut. Padahal sebelumnya aku engga kuat minum air putih lebih dari tiga teguk.

Ini dalah metoda penyeimbangan sistem tubuh yang mudah, bisa dilaksanakan kapan saja, cukup 5 menit sudah bisa bikin sekujur tubuh basah oleh keringat dan nafas memburu. Tapi ada efek sampingnya kalo dipraktekkan sendiri di tempat umum, Anda bisa dikira orang gila!

Apakah gaya hidup modern harus dihindari agar tidak terkena penyakit? Ataukah harus disikapi sebagai tuntutan hidup yang harus diseimbangkan? Pilihan di tangan Anda

video

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini