15 November 2009

Studi Kasus Kaki Gajah: Pembangunan Salah Kaprah Lagi?

Lapindo dan Century adalah contoh nyata program pembangunan yang salah kaprah karena hanya dianalisis secara pendek. Kini kasus penyakit kaki gajah yang sudah merenggut nyawa manusia juga terindikasi sebagai hasil perencanaan yang salah kaprah.

Dari browsing sejenak, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa Kaki Gajah disebabkan oleh Cacing Filaria yang ditularkan lewat perantara berbagai jenis nyamuk. Adanya nyamuk dalam siklus penyakit ini membuat penyakit Kaki Gajah dapat menjadi Endemi di suatu daerah. Dan endemi itu sudah timbul di beberapa daerah di Nusantara.

Untuk menghentikan penyebaran cacing filaria, pemerintah membagikan obat diethylcarbamazine (DEC). Namun, sepertinya pembagian ini tidak dilakukan oleh dokter, melainkan oleh tenaga penyuluh. Jadi kecil kemungkinan pembagian obat ini mempertimbangkan kontra indikasi, jadi efek negative obat terabaikan.

Pertanyaannya adalah kenapa pembagian obat tidak dilakukan oleh dokter? Perencanaan yang matang tentunya tidak akan mempertaruhkan nyawa orang lain dengan memilih tenaga penyuluh untuk membagikan obat.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini