16 November 2009

Pelajaran Perencanaan dari Era Orde Baru

Membaca info CPNS yang umumnya menempatkan lulusan ekonomi pada bagian perencanaan membuatku bertanya-tanya, apakah SDM dari Jurusan Teknik sudah mencukupi? Sebab perencanaan membutuhkan lebih sedikit ekonom dan lebih banyak tenaga teknis.

Rasio SDM ekonomi dan teknik ini dapat dilihat pada tim dari Amerika yang membuat perencanaan pembangunan listrik PLN pada tahun 1970. Perencanaan ini memproyeksikan kebutuhan listrik untuk 25 tahun mendatang, dan selama pemerintahan Orde Baru, tidak terdengar berita bahwa PLN kekurangan pasokan listrik.

Tim dari Amerika tersebut terdiri dari 11 orang, hanya 1 ekonom dan sisanya adalah insinyur. Perencanaan mereka tak bisa dibilang salah dalam memproyeksikan kebutuhan listrik, bukan hanya untuk lima tahun ke depan, tapi 25 tahun ke depan! Hebatnya lagi, ekonom itu bukan doktor ataupun profesor, cuma lulusan S1.

Mungkin, perencanaan pemerintah saat ini yang sering kacau balau, dapat dirunut penyebabnya pada komposisi penempatan SDM di bagian perencanaan!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini