29 November 2009

Mombongkar Permainan Sulap Deddy Corbuzier

Membongkar permainan sulap adalah yang menarik bagi pemerhati fisika non-linier. Ada banyak trik sulap yang berhasil aku bongkar. Hari Minggu sore, 29 November 2009, Dedi menampilkan permainan sulap yang menarik. Ia menggunakan 7 buah balok yang membentuk formasi persegi panjang seperti pada gambar 1.

Gambar1. Formasi persegi panjang pertama terdiri dari 7 buah balok

Formasi persegi panjang dari 7 balok ini sesuai dengan ukuran frame warna ungu (gambar 2).
Gambar 2. Ukuran formasi pertama kotak persegi panjang yang sama dengan frame ungu

Kemudian ditambahkan satu balok berwarna hijau (gambar 3)
Gambar 3. Formasi persegi panjang pertama (7 balok) dan satu balok hijau

Dalam pertunjukannya, Dedy menunjukkan bahwa balok hijau dapat ditambahkan ke dalam formasi persegi panjang pertama menjadi formasi persegi panjang kedua dengan 8 buah balok (gambar 4)
Gambar4. Formasi persegi panjang kedua dengan 8 buah balok.

Logikanya, tambahan balok hijau akan mengubah luasan formasi. Sehingga fomasi persegi panjang kedua seharusnya lebih luas daripada formasi persegi panjang pertama. Sehingga formasi 8 balok ini tidak mungkin dapat masuk ke frame ungu seperti gambar 5.
Gambar 5. Frame ungu ukuran formasi persegi panjang pertama yang tidak sesuai dengan ukuran fromasi persegi panjang kedua

Namun Dedy menujukkan bahwa formasi persegi panjang kedua ini ukurannya sama persis dengan formasi persegi panjang pertama, karena tetap dapat masuk ke dalam frame ungu yang sama pula (gambar 6).
Gambar 6. Frame ungu yang sesuai dengan ukuran formasi persegi panjang kedua

Apakah benar ukuran formasi kotak kedua sesuai dengan frame ungu? Bagaimana mungkin?

Nah, Deddy sendiri memberikan petunjuknya, ia mengatakan “Think out the box. There is nothing is impossible, but it only take longer.” Jadi, frame biru dilengkapi dengan slot sehingga dapat ditarik dan menyesuaikan dengan ukuran formasi kotak 8 balok (gambar 7).

Gambar 7. Frame sebalah kiri sesuai dengan formasi persegi panjang pertama (7 balok). Frame ini dilengkapi dengan sistem slot sehingga dapat ditarik (seperti menarik antena) menjadi lebih lebar seperti frame sebelah kanan, sehingga sesuai dengan formasi persegi panjang kedua (8 Balok)

Buat Bung Deddy, you are great Master Mind! Engga cuma menghibur tapi juga memberi tantangan.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini