21 Oktober 2009

Pertumbuhan Berbasis Utang

Angka pertumbuhan Indonesia yang positif tidak bisa membuat Indonesia dikategorikan sejajar dengan BRIC (Brazil, Russia, India, China). Kenapa? Telusur punya telusur, ternyata pertumbuhan positif itu adalah hasil utang! Pates aja engga ada lembaga internasional yang mensejajarkan Indonesia dengan BRIC.

Data dari Koalisi Anti Utang menunjukkan bahwa pemerintahan SBY periode 2004-2009 telah menambah utang negara [www.kau.or.id].

Yang aku kuatirkan adalah jika program recovery yang tengah dilancarkan oleh negara-negara maju mengubah tata ekonomi dunia dan menyebabkan Indonesia makin terjembab dalam utang.

Sistem perekonomian yang saat ini terfokus pada aktivitas China, akan segera di lawan oleh negara-negara maju. Sehingga pola perdagangan akan bergeser. Mangingat sektor manufaktur kita lemah dan pertumbuhan ekonomi positif dikarenakan oleh KONSUMSI, maka tak ayal lagi pergeseran sistem ekonomi dunia bisa bikin perekonomian kita akan makin terhimpit.

Mudah-muhan sistem intelejen yang dibangun oleh SBY periode 2009-2014 bisa memantau arah recovery negara-negara maju. Sehingga pemerintahan kita bisa melaksanakan langkah-langkah antisipatif agar tidak makin terbenam.

Jumlah Pembaca:


FREELANCE PROOF READER
FREELANCE PROOF READER

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini