24 Oktober 2009

MEKANISME OBSERVASI PEMBANGUNAN YANG TERINTEGRASI

Kompas 24/10/09 mengutip perkataan SBY tentang Kepala Unit Kerja Presiden. Hal ini mengingatkan aku pada dua hal, yaitu BPI dan konsep Observatory Command Center.

Biro Pusat Intelejen (BPI) memiliki tugas yang sama seperti Unit Kerja Presiden-nya SBY yang berkerja untuk Presiden Soekarno. Hanya saja, BPI justru memanfaatkan tugas dan fungsinya untuk kepentingan golongan. Sehingga masukan BPI kepada Presiden Soekarno tidak objektif. Akhirnya, BPI menggiring Soekarno pada kehancurannya sendiri.

Sewaktu bikin artikel tentang “Pembangunan Dahulu atau Pemberantasan Korupsi Dahulu”, aku membayangkan sebuah konsep Observatory Command Center (OCC). OCC sebagai sebuah unit kerja yang bertugas memantau seluruh ‘operasi’ pembangunan.

Unit keja OCC ini dikepalai oleh beberapa orang yang memiliki tugas dan wewenang yang sama. Jika hanya mengandalkan seorang Kepala, maka akan sangat mudah unit OCC ini tergelincir seperi BPI yang menghancurkan Soekarno. Kepala yang banyak bisa saling mengingatkan jika kinerja Unit OCC sudah mulai tidak objektif.

Para kepala ini memiliki kemampuan berpikir secara holistic yang luar biasa. Unit OCC juga dibantu oleh puluhan, bahkan ratusan, agen lapangan yang memberikan laporan perkembangan program kegiatan pembangunan kepada OCC. Laporan ini tentunya hanyalah sederet fakta. Orang-orang Mabes OCC yang super kreatif akan memplotkan fakta-fakta tersebut dalam sebuah jaringan integrasi ‘win-win solution’ yang berkelanjutan.

Jaringan kompleks yang dibentuk oleh OCC adalah sebuah ‘bendungan’. Pada saat yang tepat, ‘bendungan’ ini ‘dibuka’ sehingga menghasilkan ‘arus perubahan’ yang berkekuatan sangat besar.

Mirip dengan operasi intelejen penggulingan Soekarno yang memakan waktu sekitar 6 bulan untuk mengendapkan dan membendung semangat anti PKI pasca peristiwa G 30 S. Sehingga pada saat bendungan anti PKI dibuka pada Maret ‘66, mencincang anggota PKI menjadi kegiatan yang paling digemari oleh Bangsa Indonesia, biarpun mayat-mayat anggota PKI yang dibuang di sungai menyebabkan sungai terbendung dan menyebar bau busuk serta penyakit.

Jumlah Pembaca:


Article Writing
Article Writing

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini