19 Oktober 2009

Kereta Api Progo Jogja-Jakarta: Perjalanan Penuh Makna yang Melebihi Makna Analitis

Sewaktu teman mengajak untuk menggunakan kereta kelas ekonomi buat jalan ke Jakarta, aku engga nolak, justru penasaran seperti apa rasanya naik kereta kelas ekonomi.

Dalam perjalanan yang melelahkan ini, duduk di sebelahku seorang ibu yang memangku putri kecilnya yang berusia 14 bulan. Awalnya aku bercanda dengan malaikat kecil yang montok, imut dan lucu. Akhirnya malaikat kecil itu pun tertidur pulas. Lambat-laun sang ibu muda itu pun larut bersama mimpi buah hatinya.

Aku membaca buku yang udah kusiapkan sebagai teman di perjalanan. Lagi asik baca, tiba-tiba si malaikat kecil menangis membuatku terkejut. Sang ibu muda pun terkejut dibuatnya.

Sang ibu berusaha membuat putrinya diam dengan mengayun-ayun, memberi minum, mencoba ngajak bicara dan menyanyi. Tapi sepertinya sang malaikat kecil cuek dan terus menangis.

"Bu, ini putrinya capek pengen ganti posisi tidur," kataku.

Sang ibu menurut, ia menggubah posisi pangkuannya. Dan malaikat kecil itupun segera kembali tidur tanpa rasa bersalah.

"Punya putra berapa?" tanya ibu muda yang udah lega anaknya tidur lagi.

Pertanyaan itu membikin aku berpikir, kok aku bisa tahu kalo si malaikat kecil itu pengen ganti posisi tidur. Aku belum pernah melakukan percobaan memposisikan bayi tidur dalam posisi tertentu hingga menangis karena pengen ganti posisi. Aku juga belum pernah membaca artikel tentang hal ini. Juga aku belum pernah dengar orang bicara tentang bayi yang pengen ganti posisi tidur. Aku engga ngerti kenapa aku tahu. Lalu, dari mana aku tahu?

Kemampuan jenis apakah yang membuatku bisa memahami kalo sang malaikat kecil pengen ganti posisi? Apakah kemampuan intuitif? Kreatif? Insting?

Aku tidak bisa menjelaskan kemampuan macam apa itu karna aku hanya bisa merasakannya. Aku yakin, ada banyak orang yang bisa merasakan kemampuan itu. Tapi yang jelas, apapun kemampuan itu, yang jelas kemampuan ini lebih dari sekedar proses analitis!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini