17 September 2009

Teknologi dan Selera Pasar

"Masyarakat masih cenderung memilih produk-produk lama. Padahal dengan harga yang sama, masyarakat bisa membeli produk yang berteknologi baru," ujar Presiden Direktur PT Galva Technologies, Oki Widajaja, dalam acara BenQ Indonesia Dealers Gathering di Bali pada 19-21 Juli 2009.
.........
Salah satu contohnya, menurut Oki, adalah masih fanatiknya sebagian besar penduduk Indonesia terhadap layar monitor LCD berukuran 15 inci. Padahal, dengan harga 15 inci di waktu sebelumnya, kini sudah dapat membeli monitor LCD selebar 20 inci. Tapi, mereka tetap memilih yang 15 inci. "Sebenarnya secara finansial mereka mampu untuk membeli produk berteknologi yang lebih baru," tambah Oki.
..........
[Media Indonesia]

"Pak Oki, bukannya saya bodoh, meja komputer saya ukurannya 180 cm, klo saya pasangi monitor 20 inchi, dimana saya mau meletakkan printer?"

Umumnya, kita menganggap hubungan supply & demand adalah sebuah sistem linear. Kalo suplay turun dan demand lebih tinggi maka harga naik, dan seterusnya. Tapi ini hanya berlaku pada sistem yang benar-benar stabil. Kenyataannya, perekonomian saat ini sulit dikatakan sebagai sebuah sistem stabil. Sehingga jika kita fokus pada hukum supply & demand saja, maka kita akan menghadapi kesulitan saat suplay ataupun demand mengalami perubahan secara tiba-tiba akibat politik, bencana alam dan sebagainya.

Jadi, ada baiknya jika kita memperlebar fokus, memandang sistem supply & demand sebagai bagian dari sistem perekonomian yang kompleks dan NON-LINEAR.

Pelebaran fokus ini akan mempertimbangkan "kesesuaian" antara supply & demand. Dengan demikian, kegagalan pemasaran LCD 20" dapat dipandang sebagai titik jenuh demand. Jika kegagalan dipandang sebagai kekurangan pada konsumen penentu demand maka kita akan kesulitan menemukan jalan keluar untuk menghabiskan stock. Namun, jika kita memandang sebagai pergesaran tingkat kejenuhan konsumen, maka kita dapat memilah konsumen dan menemukan celah untuk menyisip diantara kejenuhan.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini