27 Maret 2009

Menunggu kelahiran peradaban baru

Pengangguran Amrik bertambah 650.000 orang, GDP turun sampai lebih dari 6% (siaran BBC 26/03/09). Jika pengangguran ini adalah rangkaian keruntuhan seperti digambarkan dalam artikel Iseng Ekonomi dunia, maka perekonomian Amrik sedang menuju keruntuhan, pelan tapi pasti. Ini karena serangan terhadap perekonomian Amrik sangat telak menghujam organ vital ekonomi, yaitu MODAL.

Anggaran Negri Paman Obama dibikin defisit buat investasi bidang pendidikan dan sosial (konperensi pers Obama dalam siaran CNN 24/03/09). Bisakah investasi bidang pendidikan dan sosial menghentikan keruntuhan ekonomi Amrik? Bisa YA bisa TIDAK.

Klo investasi pendidikan Amrik meniru cara pemerentah Indonesia maka jawabnnya cenderung TIDAK. Pemrentah Indonesia banyak melakukan investasi pendidikan dengan teknologi impor, jadinya lulusan pun terampil pake teknologi impor. Sehingga dunia usaha juga harus impor teknologi buat njalanin usahanya. Akhirnya, makin banyak kekayaan dalam negeri yang harus lari ke luar negeri.
Moga-moga, investasi pendidikan di Amrik dapat menghasilkan bentuk beradaban baru, seperti Microsoft yang mendorong lahirnya peradaban berteknologi komputer. Aku berharap pendidikan di Amrik akan mengubah gaya hidup, sehingga lahir pelayanan atau produk baru, atau teknologi yang lebih atraktif daripada ponsel. Teknologi yang mungkin muncul dari sudut garasi seperti Apple Computer, bisa menjadi sebuah icon Amerika baru layaknya Mc Donald. Sehingga lahirlah peradaban baru yang akan menjadi motor penggerak perekonomian dunia.

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini