15 Maret 2009

Adam Air Riwayatmu ….

Membaca artikel tentang penerbangan China Airlines Flight 006 yang terbang dari Taipei menuju Los Angeles pada 19 Februari 1985, membuatku makin penasaran apakah pesawat Adam Air kehilangan sayap belakangnya sebelum jatuh diperairan Majene.

Pesawat Boieng 747 dari maskapai China Airlines mengalami gangguan pada salah satu mesinnya. Kru kokpit pesawat kemudian sibuk mencoba mengatasi mesin yang mati sehingga tanpa disadari pesawat mulai miring (rolling), kemudian kehilangan gaya angkat. Pesawat mulai meluncur turun. Untunglah, kru kokpit dapat mengontrol posisi sayap belakang sehingga pesawat bisa kembali mendapatkan gaya angkatnya dan pesawat berhasil mendarat di San Fransisco.
Untungnya lagi, sayap belakang pesawat masih sangat kokoh sehingga hanya menimbukan kerusakan sebagian seperi gambar berikut:


Lain halnya dengan kasus Adam Air. Pesawat mulai miring ketika kru kokpit sibuk mengatasi masalah navigasi. Ketika pesawat mulai kehilangan gaya angkat dan menukik turun, pilot Adam Air pun mencoba mengontrol sayap belakang seperti para pilot China Airlines. Hanya saja, sayap belakang Boeing 747 China Airlines masih cukup kuat sedang sayap belakang Boeing 737 Adam Air udah terlalu uzur.
Aku pernah bikin animasi berdasarkan Flight Data Recorder (FDA) dari pesawat Adam Air dan aku gabungkan dengan rekaman suara kokpit yang banyak beredar di internet. Hasilnya lumayan, satu suara yang mirip dengan benda yang retak ternyata sejalan dengan satu perubahan posisi pesawat secara mendadak pada FDA. Kesimpulanku bahwa kedua perubahan posisi yang mendadak itu terjadi karena kedua sayap belakang pesawat terlepas dari body pesawat (fuselage). Anyway, ini cuman penilaian pribadi yang belum tentu benar lho!
Beikut animasi yang aku bikin berdasarkan posisi pesawat yang terekan dalam kotak hitam trus kumasukin rekaman suara kokpitnya:

video

Jumlah Pembaca

Freelance copywriter

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih atas upaya anda menjelaskan musibah ini.

Ada kesalahan di dalam gadget ini