17 Januari 2009

Titen adalah Identification


Titen adalah Bahasa Jawa yang kalo diartikan dalam Bahasa Inggris berarti “identification”. Hanya saja Orang Jawa menggunakan titen umumnya untuk mengikuti fenomena alam, sedang orang barat menggunakan identification umumnya untuk menaklukkan alam.

Titen adalah kata benda dari kata kerja ”niteni” yang berarti ”mengidentifikasi”. Identification adalah kata yang tepat untuk mengganti kata titen, sebab dalam khasanah Bahasa Jawa Titen berarti “mengenali ciri-ciri akan suatu hal yang merupakan bagian dari sebuah system”.

Salah satu hasil titen adalah dalam hal memotong pohon bambu. Titen Orang Jawa akan memotong pohon bambu hanya pada musim-musim tertentu agar bambu tidak mengandung larva bubuk yang dapat membuat bambu mudah lapuk. Sedang identification orang barat akan menghasilkan pestisida atau bahan pengawet untuk membunuh larva bubuk.

Biarpun sama-sama berasal dari kemampuan “mengenali ciri-ciri akan suatu hal yang merupakan bagian dari sebuah system”, tapi itulah yang membedakan antara budaya Barat dengan budaya Timur.

Jumlah Pembaca
Blog Poster
Blog Poster

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini