20 Januari 2009

Job Description: Pedang Bermata Dua?


Bagaimana membagi Job Description untuk para staf yang jumlahnya terbatas pada sebuah perusahaan kecil?

Aku belum menemukan jawaban pertanyaan diatas ketika tadi pagi salah satu staf berlatar belakang accounting mengusulkan diadakannya rapat untuk membahas tugas masing-masing staf.

Aku teringat sewaktu menerima karyawan baru berlatar belakang ilmu komunikasi. Di dalam benakku sudah terbayang konten-konten komunikasi perusahaan yang atraktif dan menarik lebih banyak klien. Ternyata dia kurang PD untuk mengerjakan konten-konten itu, mungkin karena pengetahuan akan seluk-beluk perusahaan masih sangat terbatas. Namun dia sangat enjoy ketika melakukan instalasi hardware multimedia. Jadilah ia technical support handal dibidang multimedia.

Klo saja dulu aku kasih Job Description tegas untuk menangani masalah konten, mungkin dia akan sulit menikmati pekerjaannya, dan aku akan menemukan lebih banyak kesulitan saat mengeksekusi kontrak-kontrak hardware multimedia.

Bagaimanapun, aku berusaha untuk mengajaknya diskusi ketika aku mengerjakan konten-konten komunikasi. Itung-itung aku belajar dari orang yang bener-bener dari bangku kuliah komunikasi.

Tapi, penilaian bahwa dia enjoy di hardware multimedia adalah penilaian pribadiku belaka, belum dikonfirmasikan dengan yang bersangkutan. Jadi, ide untuk membahas tugas masing-masing staf adalah ide yang tepat untuk konfirmasi penilaian pribadiku dengan seluruh staf.

Well, klo dulu aku kasih job description tegas terhadap tugas-tugas accounting, mungkin dia engga bakal punya ide ini karena terkungkung kaku oleh cashflow.

Perusahaan kecil haruslah gesit dan fleksibel, seperti kegesitan dan fleksibilitas manuver terbang burung walet yang mampu membuat elang tergopoh-gopoh.

BTW, staf berlatar belakang accounting ini punya kekasih berkulit gelap sehingga [mungkin] dia pantas mendapatkan blackinnovationawards atas terobosan (breakthrough) yang spontan ... autoblackthrough .... ( maksa banget, yach ..... )

Jumlah Pembaca:
article writer
article writer

2 komentar:

satrioaja mengatakan...

wah bener banget pak!

saya aja lulusan akuntansi tapi lebih suka dunia komputer...

makanya di setiap CV yg gw kasih HOBI DAN MINAT = KOMPUTER... hehehehe

ian mengatakan...

Mong-omong soal sar-kesasar, aku juga lulusan Teknik Mesin yang mimpin perusahaan pemasaran.
Untungnya produk yang dipasarin teknologi. Jadi masih nyantol dikit-dikit.

Ada kesalahan di dalam gadget ini