17 Januari 2009

Iklan Jarum yang anti sains?

Aku jarang nanton TV local, tapi waktu nginep di hotel kecil di Ponorogo, aku habiskan waktu buat nonton TV sembari menunggu kantuk. Eh, engga sengaja memperhatikan iklan Djarum yang main parasailing pake skateboard di pinggir pantai. Para laki-laki meluncur bersama angin, meloncat dari atas tebing dan kemudian melayang-melayang di atas laut. Fantastis!
Tapi ada satu hal yang menggelitik otakku.
Pada siang hari umumnya angin bertiup dari laut ke darat. Iklan jarum menunjukkan hal yang berlawanan, para Djarumers meluncur bersama angin dari darat ke laut di siang bolong ........
Ini fenomena Angin Darat dan Angin Laut yang tidak sejalan dengan pelajaran Bu Menik, guru SD waktu aku duduk di kelas 2. BTW, namanya juga iklan, sah-sah saja melawan hukum alam, yang jelas brand image spirit of adventure ala Djarum engga bikin aku terkesan, karna adventurer sejati memiliki kecerdasan cukup untuk ”membaca” karakter alam. Justru aku malah berpikir bahwa rokok emang bikin orang jadi bodoh, mudah dikibuli ...
Mungkin akan terlihat cerdas jika Iklan Djarum parasailing di atas dikasih prolog yang menggambarkan pemilihan tempat parasailing yang tepat. Aku pun teringat ada banyak iklan lain yang mengandung muatan sains ataupun knowledge yang cukup berguna. Aku membayangkan klo iklan-iklan memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi anak-anak, aku pun berandai-andai ......
Aku tak ingat kaya apa pengandaianku, yang jelas aku tersadar udah jam 5 pagi!
Jumlah Pembaca:


ARTICLE WRITERS


0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini